Thursday, August 2, 2012

Simulasi Uji Kompetensi Guru ( UKG ) SD/MI

Uji Kompetensi Guru (UKG) yang telah dilaksanakan beberapa hari ini memang banyak mengudang penolakan. Hal ini menjadi beralasan karena masih banyak guru terutama guru yang berada di daerah-daerah pedalaman yang belum fasih menggunakan komputer. Padahal tujuan UKG ini sebenarnya baik, salah satunya adalah untuk Pemetaan penguasaan kompetensi guru (kompetensi pedagogik dan profesional) sebagai dasar pertimbangan pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
Tetapi dalam pelaksanaannya ternyata pemerintah terkesan tidak siap karena terdapat disejumlah daerah pelaksanaan uji kompetensi guru  ini mengalami kegagalan, karena server pusat tidak dapat diakses ditempat seperti yang terjadi di Kudus Jawa Tengah dan Bandung. Anggaran yang digunakan tentu tidak sedikit sangat disayangkan dengan anggaran yang sedemikian besar bisa gagal pada hari pertama pelaksanaannya. Seharusnya pemerintah tidak terburu-buru dan mempersiapkan sistem dengan baik sehingga UKG dapat berjalan dengan lancar.
Terlepas dari Pro dan Kontra UKG sebagai guru yang profesional tentunya kita harus mempersiapkan diri dalam menghadapi UKG tersebut. Salah satu contohnya adalah dengan banyak mengerjakan soal-soal terutama soal-soal yang dibuat secara online. Agar guru-guru yang masih belum terbiasa menggunakan mouse menjadi lebih terbiasa menggunakannya. Untuk itu tidak ada salahnya kita untuk mencoba salah satu Flash Simulasi UKG Online yang akan saya berikan ini. Semoga dapat membantu Bapak dan Ibu yang belum fasih menggunakan komputer.

Silahkan klik link ini dibawah ini :
http://rothuaoctoyubettambunan.webs.com/rothua%20octoyubelt%20tambunan.swf

0 comments:

Post a Comment